OTOMOTIFNET - Buat motor sport
125 cc, tenaga Suzuki Thunder cukupan, lah! Terutama buat menjelajah
dalam kota. Tapi buat diajak keluar kota, biar lebih mumpuni, bisa
didongkrak lagi.
Makanya, kami carikan beberapa bengkel yang biasa meng-upgrade performa ‘si halilintar’. Anggarannya berkisar Rp 1,5-2 jutaan. Nah ini dia yang terpilih.
Thunderist Pit Stop (TPS)
Paket performa sodoran Adhi Wibowo, bos TPS ini isinya cukup banyak. “Pertama piston di-oversize 50. Sebenarnya pakai yang lebih gede (bore-up) bisa aja, tapi keawetan berkurang,†jelas pemilik bengkel di Jl. Lenteng Agung No.17, Jaksel.
Terus karburator punya Yamaha RX King yang dipasang pakai intake manifold Scorpio. Bahan bakar yang masuk dibakar api busi iridium. Lalu penyaluran tenaga pakai kampas kopling milik Suzuki Satria FU, per koplingnya ganti yang lebih keras.
Bongkar-pasangnya butuh 2 hari, masa inreyen 5 hari. Garansi sampai 1 bulan, kalau ada keluhan silakan kembali. “Selama ini sih belum pernah ada yang komplain,†ujar mekanik yang kerap menggarap motor anak klub dari dalam dan luar kota.
Makanya, kami carikan beberapa bengkel yang biasa meng-upgrade performa ‘si halilintar’. Anggarannya berkisar Rp 1,5-2 jutaan. Nah ini dia yang terpilih.
Thunderist Pit Stop (TPS)
Paket performa sodoran Adhi Wibowo, bos TPS ini isinya cukup banyak. “Pertama piston di-oversize 50. Sebenarnya pakai yang lebih gede (bore-up) bisa aja, tapi keawetan berkurang,†jelas pemilik bengkel di Jl. Lenteng Agung No.17, Jaksel.
Terus karburator punya Yamaha RX King yang dipasang pakai intake manifold Scorpio. Bahan bakar yang masuk dibakar api busi iridium. Lalu penyaluran tenaga pakai kampas kopling milik Suzuki Satria FU, per koplingnya ganti yang lebih keras.
Bongkar-pasangnya butuh 2 hari, masa inreyen 5 hari. Garansi sampai 1 bulan, kalau ada keluhan silakan kembali. “Selama ini sih belum pernah ada yang komplain,†ujar mekanik yang kerap menggarap motor anak klub dari dalam dan luar kota.
Asep Hendro Racing Sport (AHRS)
Tahu AHRS kan? Pasti! Karena terkenal di arena balap. Nah seperti apa paket upgrade performa bagi Thunder 125 dari gerai di Jl. Tole Iskandar No.162, Depok, Jabar ini?
Untuk harian antara lain; porting & polish kepala silinder. Lantas di-bore-up pakai piston Suzuki Satria FU oversize 25 (62,25 mm). Mengejar akselerasi spontan, karburator pakai milik Honda NSR 150SP, pemasangannya menggunakan intake manifold Koso.
Penyalur gas buang juga diganti agar lebih plong, pakai buatan AHRS dengan tipe F4. Lalu agar nafas mesin lebih panjang, CDI pakai yang limiter-nya lebih tinggi dari standar.
Lama pengerjaan hanya 2 hari. Sedang garansi hampir sama dengan para kontestan lain. “Selama tidak dibongkar di bengkel lain, masih tanggungan kita, tapi part-nya konsumen yang tanggung,†kata Ahmad Zarkasih, mekanik AHRS yang juga akrab disapa Kiple.
Tahu AHRS kan? Pasti! Karena terkenal di arena balap. Nah seperti apa paket upgrade performa bagi Thunder 125 dari gerai di Jl. Tole Iskandar No.162, Depok, Jabar ini?
Untuk harian antara lain; porting & polish kepala silinder. Lantas di-bore-up pakai piston Suzuki Satria FU oversize 25 (62,25 mm). Mengejar akselerasi spontan, karburator pakai milik Honda NSR 150SP, pemasangannya menggunakan intake manifold Koso.
Penyalur gas buang juga diganti agar lebih plong, pakai buatan AHRS dengan tipe F4. Lalu agar nafas mesin lebih panjang, CDI pakai yang limiter-nya lebih tinggi dari standar.
Lama pengerjaan hanya 2 hari. Sedang garansi hampir sama dengan para kontestan lain. “Selama tidak dibongkar di bengkel lain, masih tanggungan kita, tapi part-nya konsumen yang tanggung,†kata Ahmad Zarkasih, mekanik AHRS yang juga akrab disapa Kiple.
Noken as bisa pake afftermarket lebih yahud |
Bike Rider Shop (BRS)
Keahlian Aldhie, pemilik bengkel, mengoprek Thunder 125 sudah kesohor. Pasien yang datang tak hanya dari dalam kota, namun juga luar kota bahkan luar pulau. Beralamat di Jl. Swakarsa 1, No.6, Kalimalang, Jaktim.
Pertama di-bore-up jadi 147,3 cc pakai piston 62 mm. Blok tak pakai bawaan motor, melainkan pakai blok baru. “Jadi jika suatu saat mau balik standar tak perlu pusing lagi,†ungkapnya.
Lanjut, kepala silinder tak banyak disentuh, hanya agar klep tak floating per klep diganti lebih keras. Bagian lain yang disentuh adalah pengapian. CDI pakai XP Andrion berikut koil dari merek yang sama.
Waktu pengerjaan cukup 2 hari. Garansi diberikan sampai konsumen benar-benar merasa puas dengan performanya. “Saya memberikan garansi untuk pengerjaan saja. Untuk part tetap dari konsumen,†tutupnya.
Keahlian Aldhie, pemilik bengkel, mengoprek Thunder 125 sudah kesohor. Pasien yang datang tak hanya dari dalam kota, namun juga luar kota bahkan luar pulau. Beralamat di Jl. Swakarsa 1, No.6, Kalimalang, Jaktim.
Pertama di-bore-up jadi 147,3 cc pakai piston 62 mm. Blok tak pakai bawaan motor, melainkan pakai blok baru. “Jadi jika suatu saat mau balik standar tak perlu pusing lagi,†ungkapnya.
Lanjut, kepala silinder tak banyak disentuh, hanya agar klep tak floating per klep diganti lebih keras. Bagian lain yang disentuh adalah pengapian. CDI pakai XP Andrion berikut koil dari merek yang sama.
Waktu pengerjaan cukup 2 hari. Garansi diberikan sampai konsumen benar-benar merasa puas dengan performanya. “Saya memberikan garansi untuk pengerjaan saja. Untuk part tetap dari konsumen,†tutupnya.
Paket ala TPS | |
Seher + ring | 325 ribu |
Kampas ring | 250 ribu |
Per kopling | 175 ribu |
Busi Iridium | 65 ribu |
Karburator Yamaha RX-King | 475 ribu |
Intake Manifold | 95 ribu |
Jasa | 150 ribu |
Total | 1,06 juta |
Pit Stop: | 021-95499943 |
Paket ala AHRS | |
Seher+ring | 325 ribu |
Karburator | 450 ribu |
Intake Manifold | 60 ribu |
Knalpot | 400 ribu |
CDI BRT | 400 ribu |
Porting & Polish | 60 ribu |
Total | 1,695 juta |
AHRS: | 021-77820649 |
Paket ala BRS | |
Bore-up kit | 1,2 juta |
CDI XP | 750 ribu |
Koil Andrion | 170 ribu |
Per klep | 400 ribu |
Total | 2,52 juta |
BRS | 0816-1350816 |
Om noken as tvs rock 125 sma sma noken as motor apa
BalasHapusOm noken as tvs rock 125 sma sma noken as motor apa
BalasHapusjossss
BalasHapusjossss
BalasHapusjossss
BalasHapus